Selasa, 03 Juli 2012

Network Operating System

NETWORK OPERATING SYSTEM

1.     Definisi Network Operating Sistem
Defini Sistem Operasi Jaringan Sistem operasi jaringan atau Network Operating System(NOS) merupakan sebuah sistem operasi untuk mengkoordinasikan kegiatan dari beberapa komputerdalam sebuah jaringan.Sistem operasi ini tentu berbeda dengan sistem operasi seperti Windows, Mac OS, atau UNIX yang dirancang untuk single user untuk mengendalikan satu komputer.
Fungsi Sistem Operasi Jaringan Sistem Operasi ini menyediakan fungsi khusus untuk :
a.       menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat lainnya ke sebuah jaringan
b.      mengelola sumber daya jaringan
c.       menyediakan layanan
d.      menyediakan keamanan jaringan bagi multiple users

2.     Layanan Sisitem Operasi Jaringan
Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna,seperti
a.       layanan berbagi berkas (file sharing)
b.      layanan berbagi alat pencetak (printer sharing)
c.       DNS Service
d.      HTTP Service
e.       dan sebagainya.
Di sisi server, layanan sistem operasi jaringan diantaranya:
1.      Mail Server
Mail server yaitu layanan atau perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai responsatas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa http: //FTP.
2.      DHCP ServerDHCP atau Dinamyc Host Configuration Protocol adalahsebuah layanan yang secara otomatis memberikan nomorIP kepada komputer yang memintanya.Komputer yang memberikan nomor IP inilah yang disebutsebagai DHCP server, sedangkan komputer yangmelakukan request disebut DHCP Client.
3.      Web Server adalah layanan server yang berfungsimenerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yangdikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yangumumnya berbentuk dokumen HTML. Salah satu server web yang terkenal di linux adalahApache. Apache merupakan server web antar platformyang dapat berjalan di beberapa platform seperti Linux dan Windows. Layanan Sistem Operasi Jaringan Web Server juga merupakan sebuah komputer yangmenyediakan layanan untuk internet. Server disebut jugadengan host. Agar anda dapat memasukkan web yanganda rancang ke dalam internet, maka anda harusmemiliki ruangan terlebih dahulu dalam internet (hosting),ruangan inilah yang disediakan oleh server.
4.      DNS ServerDNS atau Domain Name System adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian namakomputer di jaringan yang mengunakan TCP/IP(Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNSserver berfungsi untuk menterjemahkan (mentranslasi) IPaddress sebuah server menjadi nama domain.DNS digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internetseperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantumemetakan host name sebuah komputer ke IP address.
DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon.Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki hostname (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address.Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikankomputer yang satu ke komputer yang lain, akanmenggunakan host name. Lalu komputer anda akanmenghubungi DNS server untuk mencek host name yanganda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address iniyang digunakan untuk mengkoneksikan komputer andadengan komputer lainnya.
Sebagai contoh, http://aantomatika.blogspot.commempunyai IP address 223.255.219.30. Ketika seseorangmengakses blog tersebut yang berarti merequest situshttp://aantomatika.blogspot.com, DNS request tersebutakan diarahkan oleh DNS server ke server yang memiliki IPaddress 223.255.219.30.
5.      FTP ServerFTP (File Transfer Protocol) server adalah layanan sistemoperasi yang berfungsi untuk memberikan layanan tukarmenukar file dimana server tersebut selalu siapmemberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan(request) dari FTP client.FTP client adalah computer yang merequest koneksi keFTP server untuk tujuan tukar menukar file berupadownload, upload, rename file, deleting file, dll sesuaidengan permission yang diberikan oleh FTP server. Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
·         sharing data
·         menyediakan indirect atau implicit remote computer
·         menyediakan tempat penyimpanan bagi user
·         menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

6.      Proxy ServerProxy server adalah server yang berfungsi melayanipermintaan dokumen World Wide Web dari penggunainternet, dapat menyimpan sementara (cache) file htmlserver lain untuk mempercepat akses internet.Dapat dikatakan proxy server bekerja denganmenjembatani komputer (program internet sepertibrowser, download manager dan lainnya) ke internet.
3.     Jenis Sistem Operasi Jaringan
Sistem operasi oleh jaringan client/server yang umum digunakan :
1.      Unix
2.      Linux
3.      Banyan VINES
4.      Novell NetWare
5.      IBM OS/2
6.      Microsoft LAN Manager
7.      Windows NT Server

Windows 98, Windows 2000 professional, Windows XPprofessional, dan Windows NT Workstation tidakdigunakan oleh server, tetapi dapat digunakan untukmenyediakan sumber daya untuk jaringan (work station),seperti dapat mengakses file dan menggunakan printer.Sistem operasi lainnya yang bisa diinstall sebagaiworkstation adalah Windows 9x, Windows ME, Windows2000, Windows XP, Windows 7, Redhat, Mandrake,Ubuntu, SUSE, Debian, Linux Mint.
1.      Unix


Sistem operasi yang dibuat di Bell Laboratories awal tahun1970an, bersifat multiuser dan multitasking namun tidakuser friendly.Beberapa varian UNIX yang dapat dijadikan serverdiantaranya:
•SCO Open Server
•Novell Unix Ware
•Solaris
Unix dapat menangani pemrosesan yang besar sekaligusmenyediakan layanan internet seperti web server, FTPserver, terminal emulation (telnet), akses database, danNetwork File System (NFS) yang mengijinkan client dengansistem operasi yang berbeda untuk mengakses file yang disimpan di komputer yang menggunakan sistem operasiUNIX
2.      Linux
Turunan dari Unix yang merupakan freeware dan powerfulloperating system, dapat digunakan sebagai sistem operasiserver dan clientMemiliki implementasi lengkap dari arstitektur TCP/IP dalambentuk TCP/IP networking software, yang mencakup driveruntuk ethernet card dan kemampuan untuk menggunakanSerial Line Internet Protocol (SLIP) dan Point-to-PointProtocol (PPP) yang menyediakan akses ke jaringan melaluimodem
Sejumlah layanan yang disediakan oleh Linux yangberbasiskan TCP/IP suite:
• Web server: Apache
• Web proxy: Squid
• File dan print sharing: Samba
• Email: Sendmail
Domain Name Server: menyediakan mapping antara nama dan IP address dan mendistribusikan informasi tentang jaringan (mail server) contoh BIND
3.      Banyan VINES
Banyan VINES (Virtual Integrated Network Service) adalah sebuah sistem operasi jaringan yang populer pada akhirdekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an yang banyakdigunakan dalam jaringan-jaringan korporat.VINES pada awalnya dibuat berdasarkan protokol jaringanyang diturunkan dari Xerox Network Systems (XNS). VINESsendiri menggunakan arsitektur jaringan terdistribusiklien/server yang mengizinkan klien-klien agar dapatmengakses sumber daya di dalam server melalui jaringan.
Fitur-fitur yang diusung oleh Banyan VINES antara lain :
ü  Layanan berbagi berkas (file sharing)
ü  Layanan berbagi alat pencetak (print sharing)
ü  Layanan direktori terdistribusi yang disebut sebagaiStreetTalk untuk melakukan manajemen jaringan
ü  Dukungan terhadap protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)
ü  Menawarkan perangkat bantu administrasi jaringan denganmenggunakan antarmuka grafis
ü  Mendukung manajemen dengan menggunakan protokolSimple Network Management Protocol (SNMP). Klien-klien yang didukung oleh VINES antara lain:
·         MS-DOS
·         IBM OS/2
·         Microsoft Windows (mulai dari Windows NT 4.0, komponenklien Banyan VINES telah ditiadakan)
·         MacintoshSelain itu, Banyan VINES juga menawarkan aplikasi yangdapat mengintegrasikan jaringan Windows NT (NetBEUI),AppleTalk, dan jaringan UNIX ke dalam sebuah jaringandengan Banyan VINES sebagai pusatnya.
4.      Novell Netware
Novell NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringanyang umum digunakan dalam komputer IBM PC ataukompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan olehNovell, dan dibuat Novell Inc. berbasiskan tumpukanprotokol jaringan Xerox XNS.NetWare telah digantkan oleh Open Enterprise Server(OES). Versi terakhir dari NetWare hingga April 2007adalah versi 6.5 Support Pack 6, yang identik dengan OES-NetWare Kernel, Support Pack 2. Dahulu digunakan sebagai LAN-based network operatingsystem. Banyak digunakan pada awal sampai pertengahantahun1990-an.Pengembangan:
·         File sharing: layanan modul file, pencarian lokasi fisik dilakukan di server
·         Caching: meng-caching file yang sedang aktif
·         Netware Core Protocol (NCP) lebih efektif: tidak ada perlu ada acknowledgement untuk setiap permintaan atau data yang dikirimkan
·         Pelayanan selain file dan printer sharing seperti web, email, database, TCP/IP, IPX, dll

5.      IBM OS/232-bit
operating system yang dibuat oleh IBM danMicrosoft, tetapi sekarang dikelola hanya oleh IBM.Digunakan pada komputer IBM PS/2, (pengganti komputerIBM PC/AT), sebagai pengganti sistem operasi DOS yangtelah lama digunakan. Kata OS/2 adalah singkatan dariOperating System/2. Pengembangan sistem operasi inidilakukan oleh kedua perusahaan tersebut, denganmenggunakan perjanjian Joint Development Agreement(JDA) yang ditandatangani pada tahun 1987. Sistem operasi tersebut didesain agar dapat menggunakankemampuan penuh dari mikroprosesor Intel 80286,termasuk di antaranya adalah :
·         modus terproteksi (protected mode)
·         mampu menjalankan banyak tugas secara simultan(multitasking)
·         mendukung memori virtual, dengan tetapmempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkatlunak MS-DOS yang beredar saat itu (meski tidaksemuanya)
·         dapat membaca semua cakram (disk) yang diformatdengan menggunakan format DOS


6.      Microsoft LAN Manager
LAN Manager adalah sebuah sistem operasi jaringan yangdikembangkan oleh Microsoft Corporation bersama-samadengan 3Com Corporation.LAN Manager didesain sebagai penerus perangkat lunakserver jaringan 3+Share yang berjalan di atas sistemoperasi MS-DOS.LAN Manager dibuat berbasiskan IBM OS/2 dan protokolNetBEUI, sama seperti halnya pendahulunya MS-NETuntuk MS-DOS dan Xenix-NET untuk Xenix. Selain itu,terdapat juga LAN Manager/X (LMX) yang ditujukan untuksistem operasi UNIX. Pada tahun 1990, Microsoft meluncurkan LAN Manager2.0 yang menawarkan banyak keunggulan. Versi terakhirLAN Manager, versi 2.2 yang dimasukkan ke dalam OS/21.31 menjadi sistem operasi server Microsoft, sebelumdigantikan oleh Windows NT Server pada tahun 1994.Beberapa vendor menjual versi LAN Manager, yakni:
• 3Com 3+Open
• HP LAN Manager/X
• IBM LAN Server
• Tapestry Torus

7.      Windows NT Server
Sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft sebagaikelanjutan dari OS/2 versi mereka.Windows NT merupakan sebuah sistem operasi32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistemoperasi Windows 2000, Windows XP, WindowsServer 2003, dan Windows Vista Sistem operasi tersebut pada awalnya mendukung beberapaplatform mikroprosesor, dimulai dari Intel 80x86 (hinggasekarang), MIPS R4x00 (dihentikan pada versi Windows NT4.0), Digital Equipment Corporation Alpha AXP (dihentikanpada versi Windows 2000 Beta 3), IBM PowerPC (dimulaidari versi Windows NT 3.51 dan dihentikan pada versiWindows NT 4.0), serta beberapa platform lainnya, sepertiClipper dan SPARC (tidak dirilis untuk umum, karena dibuatoleh pihak ketiga, Intergraph).Saat ini, sistem operasi berbasis Windows NT hanyamendukung platform Intel 80x86, Intel IA64 dan AMD64(atau x64), sementara platform lainnya tidak didukung lagi,mengingat kurangnya dukungan dari pihak ketiga untukprosessor tersebut.
8.      Windows NT Server
Versi dari keluarga Windows NT Server diantaranya:
• Windows NT (3.1) Advanced Server
• Windows NT 3.5 Server
• Windows NT 3.51 Server
• Windows 2000 (NT 5.0) series :
• Windows 2000 Server
• Windows 2000 Advanced Server
• Windows 2000 Datacenter Server
• Windows 2000 Advanced Server/Datacenter Server Limited Edition
• Windows Server 2003
• Windows Server 2008

0 komentar:

Posting Komentar

 

Simple Design by Insight © 2009